• ™_|L|azonic|K|_™ Just to add to the knowledge

    Monday, January 14, 2013

    PERBEDAAN ROUTER, BRIDGE, SWITCH, HUB, REPEATER


    a.Router
    Definisi : Perangkat jaringan (bisa berupa router buatan pabrik atau router PC yang artinya komputer yang diseting menjadi router) yang digunakan untuk menguhubungkan dua LAN yang berbeda dan mem-forward data dari satu jaringan ke jaringan lain (antar jaringan yang berbeda dengan subnet yang berbeda) berdasarkan Network Address (bekerja pada OSI Layer 3 : Network Layer). Dapat menentukan jalur terbaik untuk melewatkan data, dapat digunakan untuk NAT yang memungkinkan jaringan private yang seharusnya tidak ada pada routing table internet dapat terkoneksi internet dengan “meminjam” alamat IP Publik jaringan tersebut yang diberikan oleh ISP.

    b. Bridge
    Definisi : Perangkat jaringan yang digunakan untuk menguhubungkan 2 jaringan LAN yang berbeda atau membagi suatu jaringan fisik yang besar dalam dua jaringan yang lebih kecil dengan tipe pengkabelan atau tipe topologi jaringan yang berbeda asalkan menggunakan protokol yang sama dan mem-forward data berdasarkan MAC Address tujuan yang bersifat unik di setiap Ethernet (bekerja pada OSI Layer 2 : Data Link Layer). Bridge dapat melakukan filtering dan me-manage trafik yang melewatinya.

    c. Switch
    Definisi : Perangkat jaringan yang secara sederhana didefinisikan dengan sebutan multiport bridge (banyak jaringan, tidak seperti bridge yang hanya menghubungkan 2 jaringan), masing-masing port dapat mendukung satu workstation, jaringan Ethernet atau jaringan Token Ring, bekerja di OSI Layer 2 (Data Link Layer) sehingga memforward data dan filter paket berdasarkan MAC Address dan dapat menghubungkan beberapa jaringan dengan tipe pengkabelan yang berbeda atau tipe topologi jaringan yang berbeda, misalnya Ethernet dan Fast Ethernet.

    d. Hub
    Definisi : Perangkat jaringan dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik (dalam hal ini komputer yang sudah memasang NIC) bergabung menjadi satu jaringan dengan catatan hanya memperbolehkan network dengan tipe jaringan yang sama, misalnya network dengan tipe jaringan Ethernet, network dengan tipe jaringan Token Ring, dll.

    e. Repeater
    Definisi : Perangkat jaringan (dapat berupa perangkat terpisah atau menjadi satu dengan hub) yang berfungsi untuk memperkuat sinyal agar data bisa mencapai jarak yang lebih jauh, digunakan untuk membatasi keterbatasan fisik (jarak dan kualitas sinyal) suatu segmen jaringan, namun tidak dapat melampaui aturan panjang kabel maksimum. Misalnya, kabel Coaxial 50 ohm pada Ethernet hanya bisa total sampai 2,3 Km dan batasan ini tidak dapat diatasi dengan menggunakan repeater.

    Perbedaan antara:
    1. Router dan Bridge


    2. Switch dan Hub

    No comments:

    Post a Comment

    Davisco Lazonick. Powered by Blogger.

    Total Pageviews

    Translate

    Hitstats